Kebun Binatang Ragunan

Sekilas Pandang

Tujuan wisata yang satu ini terletak diwilayah selatan kota Jakarta, diseputaran area Pasar Minggu, alamat tepatnya di Jl. R. M. Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan. Tempat ini dikenal dengan sebutan Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang ini berdiri sejak tahun 1864 di Cikini (Jakarta Pusat) merupakan Kebun Binatang Pertama yang bernama Planten En Dierentuin yang dikelola oleh Perhimpunan Penyanyang Flora dan Fauna di Jakarta, luas areanya sekitar 10 hektar yang dihibahkan oleh Raden Saleh, seorang pelukis Indonesia. Kemudian pada tahun 1949 namanya berubah menjadi Kebun Binatang Cikini namun karena lokasi yang terlalu kecil sehingga pada tahun 1964 dipindahkan ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan area seluas 140 hektar yang kemudian pada tanggal 22 Juni 1966 dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta dengan nama Taman Margasatwa Ragunan dikemudian hari namanya berubah kembali menjadi Kebun Binatang Ragunan sampai saat ini dan didalamnya terdapat berbagai macam koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen, termasuk satwa langka dan terancam punah dari Indonesia juga dari belahan dunia lain sehingga jumlah keseluruhan satwa lebih dari 4000 ekor.

Jam Buka

Setiap Hari 07.00 - 17.00 WIB

Tiket Masuk

Dewasa & Anak Rp. 5.000

Anak-anak usia dibawah 2 tahun tidak dipungut biaya masuk.

Bagaimana Menuju Lokasi

Kebun Binatang Ragunan berada sekitar 20 km dari pusat kota Jakarta. Tempat wisata ini dapat dicapai dari segala arah beberapa diantaranya:

  • Dari Tanah Abang melalui Blok M ke KBR Kopaja 19 dan Kopaja 985
  • Dari Blok ke KBR Metromini 77
  • Dari Kampung Melayu melalui Pasar Minggu Kopaja 68 dan 602
  • Dari Depok Mikrolet 17 dan KWK 02
  • Dari Taman Mini Indonesia Indah ke KBR Mikrolet Merah (KWK) 15A
  • Cara yang paling mudah untuk mencapai tempat wisata ini adalah dengan menggunakan Trans Jakarta (Bus Way) jurusan Ragunan. Dengan Trans Jakarta dari manapun kita berada kita hanya perlu mancari terminal Trans Jakarta terdekat dan hanya membayar Rp. 3.500 dengan Trans Jakarta perjalanan kita akan lebih menyenangkan tanpa adanya kemacetan.
Fasilitas dan Hiburan

Kebun Binatang Ragnan memiliki fasilits yang tersedia seperti pusat informasi, restoran, tempat piknik, kios film, pedagang aneka makanan dan minuman, aneka buah-buahan dan cinderamata, kereta dorong, delman, gajah tunggang, unta tunggang, kuda tunggang, kereta keliling. Sarana bermain spserti Taman Satwa Anak, Taman Perahu, Pusat Primata Schmutzer, rakit wisata. Disekitar lokasi terdapat Hotel dan Penginapan.

0 Responses